#cahpondok Instagram Photos & Videos

cahpondok - 72.6k posts

Top Posts

  • Dalam setiap menjalani kehidupan, harusnya kita selalu berkeyakinan bahwa akan berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan, adapun nanti g...
  • Dalam setiap menjalani kehidupan, harusnya kita selalu berkeyakinan bahwa akan berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan, adapun nanti gagal atau berhasil itu hanya masalah kita sebagai hamba saja yang tak berkutik bila sudah dihadapkan pada takdir Untuk apa kita menjalani sesuatu lantas meyakini atau berandai-andai akan gagal?? "Yaa, untuk mempersiapkan hal terburuk dong" katanya, Ya itu alasan saja, karena anda tahu, Tuhan tidak akan menguji hambanya dengan sesuatu yang tidak ia sanggupi Ingatlah, hal terburuk selalu bisa diatasi oleh orang-orang yang kuat, termasuk anda. Kalau kita masih takut dengan kemungkinan terburuk, lalu apakah kita tidak percaya dengan 'ayat' itu, atau jangan-jangan kita bukan termasuk 'hamba-Nya' atau, jangan-jangan kita belum berlaku seperti 'layaknya' hamba-Nya?? Jadi yakini apa yang kamu perjuangkan, bukan perjuangkan dulu, yakin belakangan. (@masqullin) . #cahpondok
  • 9583 65 11:46 PM Jan 6, 2019
  • BIARKAN SEMESTA MENGALIR

Perubahan adalah keniscayaan alam semesta. Tak ada yang tak berubah, kecuali Tuhan. Aku masih ingat. Pada saat mengaji il...
  • BIARKAN SEMESTA MENGALIR Perubahan adalah keniscayaan alam semesta. Tak ada yang tak berubah, kecuali Tuhan. Aku masih ingat. Pada saat mengaji ilmu "Mantiq" (logika Aristotelian) di pesantren dahulu kala, ada premis-premis logika yang menyebutkan : "Al-'Alam Mutaghayyir wa Kull Mutaghayyir Hadits. Yuntij al-'Alam Hadits". Alam semesta adal berubah. Setiap yang berubah ada baru. Dus, alam adalah baru. Kata 'Alam bermakna segala selain Tuhan. Perubahan itu terjadi setiap detik, dan tak seorangpun bisa menghentikannya. Diam bukan hanya akan diringgalkan tetapi akan terlindas dan mati. Filsuf Pakistan Moh. Iqbal dalam puisinya yang terkenal dan indah sudah bilang : Di jalan ini tak ada tempat berhenti, sikap lamban berarti mati, siapa yang bergerak dialah yang terdepan, Berhenti –sejenak pun– pasti tergilas! Maka kau tak perlu takut pada perubahan dan pembaruan. Sambut perubahan dan pembaruan itu dengan tangan terbentang dan berjalanlah ke depan dan jangan melamun masa lalu kembali hadir. Air selalu mengalir ke depan dan tak akan kembali ke asal. Dalam buku "Qawa'id al'Isyq al- Arba'un, (40 Kaedah Cinta), Syams i Tabrizi, sang Darwish pengembara, guru Maulana Jalal al-Din Rumi mengatakan dengan indah : لا تحاول أن تقاوم التغييرات التي تعترض سبيلك. بل دَع الحياة تعيش فيك. ولا تقلق إذا قلَبت حياتك رأساً على عقب. فكيف يمكنك أن تعرف أن الجانب الذي اعتدتَ عليه أفضل من الجانب الذى سيأتي؟ "Seyogyanya kau tak menolak perubahan-perubahan yang datang menghadangmu. Biarkan hidup berjalan mengalir di dalam dirimu. Tak usah pula kau gelisah bila hidupmu mengalami perubahan besar. Bagaimana kau bisa tahu bahwa apa yang biasa kau jalani selama ini lebih baik dari apa yang akan terjadi kelak?. (Syamsi Tabrizi). 06.01.19 HM (KH. @husein553) . #cahpondok
  • 3451 5 9:03 AM Jan 6, 2019

Latest Instagram Posts

  • From : @pondokkebonjambu Tenang Ati 
#KEDEWASAAN_BERISLAM

Masalah itu ada yang sudah ditetapkan hukumnya oleh syariat dengat pasti yang disebut de...
  • From : @pondokkebonjambu Tenang Ati #KEDEWASAAN_BERISLAM Masalah itu ada yang sudah ditetapkan hukumnya oleh syariat dengat pasti yang disebut dengan masalah qoth'i yang biasanya ulama tidak berbeda pendapat dan orang awampun mengetahuinya seperti mencuri itu haram, sholat duhur itu fardu dll. Dimana mengetahui hukum qoth'i itu bukan fiqih dan orangnya bukan faqiih. Dan ada masalah yang belum dipastikan oleh Shoohibusy Syariat yang biasanya ulama berbeda pendapat dan banyak orang awam yang tidak mengetahuinya. Masalah yang seperti ini disebut masalah IJTIHADI, orang yang mengetahui hukumnya disebut faqiih dan mengetahuinya namanya ILMU FIQIH, seperti masalah basmalah itu sebagian ayat fatihah atau bukan, mengucapkan selamat natal mubah atau haram dan lain-lain. Dalam masalah ijtihadi pada umumnya orang islam akan terkelompok menjadi tiga kelompok. Ada mujtahid (al haakim), ada muttabi' dan ada muqollid. Mujtahiid dalam menyelesaikan hukum. Masalah Ijtihadi selalu mengikuti aturan Rosulullah SAW yang beliau jelaskan ketika hendak mengutus Mu'adz bin Jabal r.a ke yaman, yang secara singkat dapat dijelaskan disini, bahwa ketika ada masalah ijtihadi hendaklah cari dulu bayan Ilahinya di teks al qur'an sehingga seorang mujtahid disyaratkan bisa membaca al qur'an yang sesuai dengan tajwiid yang baik, harus memahami tafsir dan asbabul nuzulnya dan lai-lain yang berkaitan dengan Al-Qur'an. Bila masalah itu belum juga terpecahkan maka, ia harus mencari bayan nabawi berupa al hadits, sehingga seorang mujtahid harus memahami hadits , asbabul wurud dan penjelasannya serta hal-hal yang berkaitan dengan hadits. Karena Al- Qur'an berbahasa Arab maka seorang mujtahid harus mengerti bahasa Arab dan tata bahasanya berupa nahwu shorof, balaghoh, bayan, ma'sani dan lai-lain. . #lensapesantrenbabakan #santriindonesia #pesantrenbabakan #alasantri #galerisantri #indonesialebihnyantri #Pesantrenku #pesonasantri #suasanasantri #santrinasionalis #santrinusantara #asramasantri #santriindonesia #santriwatiindonesia #IndonesiaLebihNyantri #nahdlatululama #galerisantri #tetepsantri #selebritasantri #santrisaklawase #pesantrenku #cahpondok #iamsantri #santrikece
  • 43 0 an hour ago
  • Kabut Rindu
.
Assalamu'alaikum
Hai teh, apa kabarnya? Semoga baik-baik aja yah
Pagi ini Al-Asy'ariyyah berkabut nih, seperti biasa dinginnya menusu...
  • Kabut Rindu . Assalamu'alaikum Hai teh, apa kabarnya? Semoga baik-baik aja yah Pagi ini Al-Asy'ariyyah berkabut nih, seperti biasa dinginnya menusuk hingga ke tulang. Ngomongin soal dingin jadi inget waktu pertama kali mondok disini, temen-temen yang berasal dari daerah panas, kedinginan sampai-sampai ada yang gak mandi selama seminggu . Gak terasa ya, sekarang kita sudah saling berpencar. Ada yang kuliah diluar negeri, kerja, mondok bahkan ada yang sudah menikah dan aku masih disini aja. . Oh iya.. Haflah tahun ini jadi kumpul kan? Aku tunggu kedatanganmu dan temen-temen yang lain. Salam manis dari Al-Asy'ariyyah Wassalamu'alaikum _________________ Video by @al_asyariyyah Loct 📍 PPTQ Al_Asy'ariyyah, Kalibeber, Wonosobo. _________________ . #santri #alasantri #galerisantri #cahpondok #alasyariyyah #al_asyariyyah #wonosobohitz #wonosobozone #wonosoboapik #santriindonesia #pptqalasyariyyah #santri_wonosobo #IndonesiaLebihNyantri
  • 38 0 13 hours ago
  • Kabut Rindu
.
Assalamu'alaikum
Hai teh, apa kabarnya? Semoga baik-baik aja yah
Pagi ini Al-Asy'ariyyah berkabut nih, seperti biasa dinginnya menusu...
  • Kabut Rindu . Assalamu'alaikum Hai teh, apa kabarnya? Semoga baik-baik aja yah Pagi ini Al-Asy'ariyyah berkabut nih, seperti biasa dinginnya menusuk hingga ke tulang. Ngomongin soal dingin jadi inget waktu pertama kali mondok disini, temen-temen yang berasal dari daerah panas, kedinginan sampai-sampai ada yang gak mandi selama seminggu . Gak terasa ya, sekarang kita sudah saling berpencar. Ada yang kuliah diluar negeri, kerja, mondok bahkan ada yang sudah menikah dan aku masih disini aja. . Oh iya.. Haflah tahun ini jadi kumpul kan? Aku tunggu kedatanganmu dan temen-temen yang lain. Salam manis dari Al-Asy'ariyyah Wassalamu'alaikum . #santri #alasantri #galerisantri #cahpondok #alasyariyyah #al_asyariyyah #wonosobohitz #wonosobozone #santriindonesia #pptqalasyariyyah #santri_wonosobo #IndonesiaLebihNyantri
  • 882 19 14 hours ago
  • • Ngrasani Hari Ini • // NU ITU SEKSI //
.
👧: Kok SEKSI sih? Kenapa gak lainnya aja?
🧑: Kan indah dibaca enak di dengar 😁
.
SEKSI adalah salah s...
  • • Ngrasani Hari Ini • // NU ITU SEKSI // . 👧: Kok SEKSI sih? Kenapa gak lainnya aja? 🧑: Kan indah dibaca enak di dengar 😁 . SEKSI adalah salah satu kata yang saat diucapkan sekilas akan muncul sedikit fikiran kotor bagi pendengarnya. Arti katanya pun sangat menggoda, yaitu bagian yang indah atau biasa disematkan pada wanita bertubuh ideal, lentur dalam berjalan dan pastinya fress ketika dipandang...wuih 🤤 . Sedangkan seksi dalam NU adalah ideal dalam bermasyarakat, lentur dalam berpendapat, serta berjalan sesuai ajaran ahlu sunnah wal jamaah. . Jadi jangan langsung negatif thinking ya 😉 . Bersambung... . #nahdlatululama #nu #nuituseksi #ipnu #ippnu #ansor #banser #alasantri #cahpondok #santri #santriindonesia #galerisantri #pesantrenstory #clambysantri #teras_nyantri
  • 18 2 15 hours ago